Diskominfo Gelar Bimtek Penyusunan Metadata Statistik Sektoral

0 31

BERANDAKOTA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Metadata statistik sektoral, yang di laksanakan di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu, Senin (05/09).

Kegiatan pembukaan Bimtek dihadiri Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Kotamobagu, serta operator OPD selaku penanggung jawab data yang ada di masing – masing instansi internal Pemkot Kotamobagu dan Badan Pusat Statistik atau BPS sebagai salah satu fasilitator

Dalam kesempatannya Wakil WaliKota Kotamobagu, didampingi Kepala Dinas Kominfo, Moch Fahri Damopolii menyampaikan tujuan Bimtek forum satu data tersebut.

“Untuk itu, perlu kembali saya ingatkan dalam kesempatan ini, karena saat ini banyak sekali kebutuhan akan data dan informasi, khususnya data statistik dan sekoral dalam mensukseskan pembangunan, termasuk pembangunan di daerah ini,” kata Nayodo.

Nayoda berharap dengan adanya metadata ini bisa menjawab berbagai kebutuhan baik tersebut, pasalnya metadata adalah informasi dalam bentuk struktur dan format baku untuk menggambarkan data, menjelajah data, serta dapat mmudahkan pencarian pembangunan dan informasi data.

“Saat ini, Pemkot Kotamobagu lewat Diskominfo telah menyiapkan satu data Kotamobagu, yang telah terintegrasi dengan apilikasi yang dimiliki oleh BPS. Yang mana ini digunakan sebagai fasilitas ukuran data dari perangkat daerah yang dugunakan oleh instansi yang ada di Pemkot Kotamobagu,” terangnya.

Nayodo meminta agar kegiatan Bimtek yang difasilitasi oleh Diskominfo tersebut, bisa diikuti dengan baik dan bermanfaat.

“Mengingat pentingnya bimtek kali ini, saya meminta kepada instansi teknis daerah untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya, sehingga apa yang disampaikan oleh para narasumber bisa dipahami dan diimpelementasikan dalam pelaksanaan satu data indonesia dan satu data kotamobagu di lingkungan pemerintah daerah kotamobagu,” Ujarnya. (*)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.