Bupati Boltim Lantik 122 Anggota BPD

0 14

BERANDAKOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar pelantikan bagi 122 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Kantor Bupati, Selasa (6/9/2022) siang.

Pada pelantikan tersebut dipimpin langsung orang nomor satu di Kabupaten Boltim, Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si.

Dalam sambutan, Bupati Sam Sachrul Mamonto (SSM) mengingatkan bahwa betapa pentingnya tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta peran BPD dalam tata kelola pemerintahan desa.

“Peran BPD sangat penting terutama dalam mengawasi jalannya pemerintahan desa serta penyelenggaraan program pembangunan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan pemerintah desa,” ujarnya.

Bupati berharap BPD yang dilantik harus bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab, serta dapat memaksimalkan fungsi sebagai pengawas dalam desa.

“Fungsi BPD untuk mengawasi pemerintahan di setiap desa. Namun kepala desa tidak perlu khawatir jika ada BPD yang kritis, karena itu tandanya kita benar-benar diawasi. Ini adalah hal yang baik, selama tidak terjadi kesalahan maka pasti tidak bermasalah, untuk anggota BPD kritik boleh tapi harus dengan cara yang baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, bupati melanjutkan bahwa menjadi penting soal kontrol terhadap pemerintah desa.

“Fungsi kontrol BPD harus benar-benar dijalankan agar tidak ada persoalan hukum di kemudian hari. Sukses pembangunan di dalam desa adalah kolaborasi antara kepala desa dan BPD. Program yang ditetapkan dan terencana dengan baik dan berguna untuk masyarakat harus di kedepankan. Untuk mengawal kesuksesan program ini, ada di tangan BPD, kalian juga harus bekerja sama dengan Aparat Desa untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Para BPD yang dilantik berasal dari berbagai desa yang ada di wilayah Kabupaten Boltim, untuk menjalankan roda pemerintahan di masing-masing desa. (Advertorial)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.