Bupati SSM Jadi Narsum Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD Se-Boltim

0 89

BERANDAKOTA – Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos M.Si, menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), yang digelar di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang berlangsung selama tiga hari mulai 5-7 Desember 2022, juga secara resmi ditutup oleh Bupati Boltim.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan, sebab BPD merupakan lembaga yang mengawasi program pemerintah desa.

“Karena selain untuk menambah wawasan tentang pengawasan kinerja aparat desa, hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan para anggota BPD dalam mengawal program-program dalam desa,” kata bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menekankan bahwa dalam proses pembangunan yang ada di desa, anggota BPD harus bersikap kritis serta selalu mengawasi setiap program pembangunan di desa.

“Saya ingin kalian (BPD), menjadi orang – orang yang kritis. Tetapi mengkritisi demi membangun desa, bukan karena ada masalah pribadi dengan kepala desa,” tegasnya.

Mantan Ketua DPRD Boltim ini mengungkapkan, pihaknya yakin dan percaya anggota BPD di Boltim dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik.

“Kalian perpanjangan tangan dari masyarakat dan penyambung aspirasi masyarakat, sehingga harus bekerja dengan baik. Saya ingin kalian menjadi orang-orang yang hebat,” harapnya.

Selain itu lanjut Bupati, anggota BPD yang ber ijazah SMA sederajat berkesempatan ikut program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami memberikan kesempatan kepada anggota BPD yang berijazah SMA untuk menjadi seorang sarjana dengan ikut program beasiswa dari pemerintah, hal ini dilakukan karena BPD selaku pengawas kepala desa tentu ijazahnya harus setingkat lebih diatas dari para kepala desa,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekertaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, Anggota DPRD Boltim, para Asisten, Kepala Dinas PMD Hendra Tangel, para narasumber, dan seluruh ketua dan anggota BPD se-Kabupaten Boltim. (Advertorial)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.