BPBD Kotamobagu Imbau Warga Waspada Terhadap Meluasnya Abu Vulkanik Pasca Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara

0 33

BERANDAKOTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu resmi mengeluarkan imbauan kepada warga Kota Kotamobagu untuk mewaspadai meluasnya abu vulkanik pasca erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Asrianty ST MM, Kepala BPBD Kotamobagu mengatakan, imbauan ini berdasarkan data pemantauan citra satelit cuaca RGB dan radar cuaca pada 30 April 2024 pukul 02.30 hingga 09.00 WITA.

    

Data menunjukkan letusan Gunung Ruang teridentifikasi mencapai ketinggian lebih dari 10 kilometer dengan abu vulkanik dominan bergerak ke arah barat.

Menurut Asrianty, citra satelit terkini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan abu vulkanik telah menyebar ke wilayah Sulut, termasuk Kota Kotamobagu.

“Diimbau kepada seluruh warga Kota Kotamobagu untuk menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini sebagai upaya pencegahan untuk mencegah terhirupnya abu vulkanik atau iritasi pada mata,” imbau Asrianty ST MM, Kepala BPBD Kotamobagu.

BPBD juga mendorong warga untuk terus mengikuti pengumuman dan instruksi lebih lanjut dari otoritas setempat mengenai langkah-langkah keselamatan dan prosedur evakuasi jika diperlukan.

Peringatan ini muncul sebagai bagian dari langkah proaktif yang diambil pihak berwenang untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan masyarakat sehubungan dengan aktivitas gunung berapi di wilayah tersebut.

     

Warga diimbau untuk memperhatikan tindakan pencegahan ini untuk meminimalkan potensi risiko dan memastikan kesehatan dan keselamatan mereka di tengah aktivitas gunung berapi yang sedang berlangsung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.