Bawaslu Bolaang Mongondow Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

0 59

BERANDAKOTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow mengadakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Atlantis Inobonto pada Selasa (25/6/2024), dan dihadiri oleh insan pers atau media mitra Bawaslu Bolmong.

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, membuka acara dengan menyampaikan terima kasih kepada para jurnalis yang hadir dan menekankan pentingnya peran mereka dalam Pilkada serentak 2024.

“Terima kasih atas kehadiran teman-teman jurnalis yang telah membangun kemitraan bersama Bawaslu Bolmong. Kehadiran jurnalis sebagai pengawas pemilu sangat penting, terutama dalam pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih oleh Petugas Pemuktahiran Pemilih (Pantarlih). Kami berharap kemitraan ini dapat mendukung suksesnya Pilkada serentak tahun 2024,” ujar Radikal Mokodompit.

Setelah pembukaan, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong, Fahmi Gobel, dan Fauzi Permata yang mewakili insan pers.

Dalam materinya, Fahmi Gobel menegaskan bahwa pengawasan Pilkada tidak hanya menjadi tugas KPU dan Bawaslu, tetapi juga memerlukan peran jurnalis.

“Pengawasan pemilu juga merupakan tugas jurnalis. Mereka berperan penting dalam mengawasi dan mengawal proses pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan sukses,” ucap Fahmi Gobel, yang juga seorang jurnalis senior BMR.

Fauzi Permata, yang juga Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu, menambahkan bahwa jurnalis memiliki peran dalam meningkatkan legitimasi pemilu yang mencerminkan kehendak rakyat. Ia juga menekankan pentingnya mengawasi Pilkada agar tidak terjadi kecurangan dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Tugas Bawaslu juga merupakan tugas jurnalis. Mereka memiliki peran penting dalam mewujudkan demokrasi yang jujur dan bermartabat demi suksesnya Pilkada Bolmong tahun 2024,” ujar Fauzi Permata.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kemitraan antara Bawaslu dan media dalam mengawasi dan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024.

Penulis

(Fajar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.