Pemkab Bolmong Terima Bantuan BNPB, JCM: Ini Sangat Bermanfaat

0 32

BERANDAKOTA  – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), dr. Jusnan Calamento Mokoginta MARS, mengunjungi lokasi terdampak banjir di wilayah Dumoga Bersatu pada Sabtu, 29 Juni 2024.

JCM, sapaan akrab dr. Jusnan, bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bolmong, turun ke lokasi bersama Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tim BNPB tidak hanya turun ke lokasi, tetapi juga menyerahkan bantuan darurat bagi wilayah terdampak banjir di Dumoga Bersatu, bertempat di halaman Kantor Camat Dumoga Barat.

Pj Bupati Bolmong, dr. Jusnan Calamento Mokoginta MARS, mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh BNPB. Menurutnya, bantuan ini sangat penting dalam penanganan darurat bencana banjir di wilayah Dumoga Bersatu.

“Bantuan dari BNPB sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak banjir, dan kami sangat menghargai kepedulian yang diberikan,” ujarnya.

Usai menyerahkan bantuan, Pj Bupati dr. Jusnan Calamento Mokoginta MARS bersama pejabat Pemkab Bolmong dan Tim BNPB meninjau langsung beberapa titik kerusakan infrastruktur dan lahan pertanian akibat banjir. Kerusakan tersebut dilaporkan secara rinci kepada Tim BNPB, dan akan segera ditangani dengan bantuan dari sejumlah kementerian terkait.

Pj Sekda Bolmong, Abdullah Mokoginta, juga menyampaikan apresiasi atas bantuan ini. “Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat yang terdampak banjir, dan kami akan terus berkoordinasi dengan BNPB untuk penanganan selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Brigjen TNI Lukmansyah, sebagai tenaga ahli BNPB, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan saat ini bersifat darurat. “Bantuan yang diserahkan ini untuk kebutuhan darurat dulu. Nanti usulan proposal ke kementerian dipercepat, biar kami bantu,” tambahnya.

Bantuan darurat yang telah diberikan BNPB kepada Pemkab Bolmong meliputi Dana Siap Pakai sebesar Rp. 200.000.000, serta berbagai logistik dan peralatan darurat untuk menghadapi banjir dan tanah longsor, antara lain:

  1. Tenda pengungsi sebanyak 2 unit.
  2. Tenda keluarga sebanyak 100 unit.
  3. Sembako sebanyak 300 paket.
  4. Makanan siap saji sebanyak 300 paket.
  5. Matras sebanyak 300 lembar.
  6. Selimut sebanyak 300 lembar.
  7. Kasur lipat sebanyak 100 unit.
  8. Pompa air minum sebanyak 5 unit.
  9. Genset sebanyak 2 unit.
  10. Penjernih air portabel sebanyak 5 unit.
  11. Velbed sebanyak 50 unit.
  12. Light tower sebanyak 2 unit.
  13. Perahu karet dengan mesin sebanyak 1 unit.

Kepala Bidang Tanggap BPBD Bolmong, Abdul Muin Paputungan, menyampaikan bahwa bantuan ini masih akan terus bertambah. “Bantuan yang disalurkan ini belum sepenuhnya, karena masih ada yang terus masuk. Namun, untuk data hari ini sudah tercatat,” tambahnya.

Melalui kehadiran Tim BNPB dan bantuan yang diberikan, masyarakat Dumoga Bersatu merasakan dukungan penuh dalam momen sulit ini. Mereka berharap bantuan ini dapat meringankan beban sekaligus membantu mereka bangkit dari keterpurukan akibat banjir dan kembali menjalani kehidupan normal seperti sebelumnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Bupati dr. Jusnan Calamento Mokoginta MARS, Pj Sekda Abdullah Mokoginta, para Kepala OPD, Camat se Dumoga Bersatu, para Sangadi, dan masyarakat setempat. Dari pihak BNPB, kegiatan ini dipimpin oleh tenaga ahli Brigjen TNI Lukmansyah, didampingi Brigjen TNI Bambang Eko Pratolo, Kasubdit dukungan pengerahan logistik dan peralatan Tono Sumarsono, penata penanggulangan bencana ahli pertama Fuad Tasman, serta analis bencana Teguh Pratama. ***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.