Dinas PP dan KB Jadikan Program Nasional BKKBN Sebagai Prioritas

0 127

BERANDAKOTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kota Kotamobagu, mendukung program nasional Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat pada 2021.

“Dinas PP dan KB Kotamobagu mendukung dua agenda pembangunan prioritas nasional BKKBN yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, berdaya saing, revolusi mental serta pembinaan ideologi Pancasila,” kata Kepala Dinas PP dan KB Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, Rabu (20/1).

Baca juga: Pemkot Sediakan 52 Ton Cadangan Beras

BKKBN melalui Dinas PP dan KB dalam prioritas nasional meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing memiliki peran pengendalian penduduk dan penguatan tata kelola kependudukan.

“Nah, dengan penekanan pada penguatan koordinasi, kolaborasi, dan sinkronisasi antarkementerian, lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, masuk pada kegiatan prioritas pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk,” ujarnya.

“Untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan, dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan peningkatan upaya promotif dan preventif, didukung oleh inovasi dan pemanfaatan teknologi. Kemudian masuk di dalam kegiatan prioritas peningkatan kesehatan ibu-anak, KB, dan kesehatan reproduksi,” katanya.

Lanjutnya, prioritas nasional revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila, adalah upaya memperkukuh ketahanan budaya bangsa untuk membentuk mentalitas bangsa yang maju, modern, dan berkarakter.

“Dinas PP dan KB masuk dalam kegiatan proritas revolusi mental dalam sistem sosial yang fokus pada penguatan ketahanan keluarga,” ujarnya.

Baca juga: Antroposentrisme Dalam Pusaran Bencana Alam

Kepala Dinas yang baru dilantik tersebut juga tetap memperhatikan program-pragram yang ada di Kotamobagu, yang juga menjujung visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu.

“Tahun ini kita mengadakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka pelaksanaan pengendalian penduduk dan pelaksanaan program keluarga berencana. Mudah-mudahan Dinas PP dan KB bisa menjunjung pencapaian, serta bisa menunjang prioritas nasional,” katanya. (Cea)

(Visited 16 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan