Boltim Salah Satu dari 7 Daerah yang Dapat Piala dan Piagam APE dari KemenPPA terkait PUG

0 62

BERANDAKOTA – Pengarusutamaan Gender atau disingkat PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Hal itu berfungsi pada sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Untuk suksesnya program kesetaraan gender atau pengarusutamaan gender (PUG), Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia (KemenPPA RI) melakukan penilaian seluruh Pemerintah Daerah baik provinsi hingga kabupaten/kota setiap tahunnya.

Ada ratusan daerah yang terbilang sukses mengimplementasikan program PUG dan meraih Piala dan Piagam Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE), mulai dari kategori atau tingkat Pratama (Pemula) Madya (Pengembangan), Utama (Peletakan Dasar dan Keberlanjutan), serta Mentor.

Khusus di Provinsi Sulawesi Utara ada 7 yang mendapatkan Piala dan Piagam APE dari KemenPPA yakni Pemerintah Kabupaten Boltim (Kategori Pratama), Pemerintah Kota Kotamobagu (Kategori Pratama), Pemerintah Kabupaten Bolmut, Pemerintah Kota Manado, Pemerintah Kabupaten Minahasa, Pemerintah Kota Bitung, serta Pemerintah Provinsi Sulut (Kategori Utama).

Terkait diraihnya Piala dan Piagam Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto (SSM) mengatakan, rasa syukurnya atas capaian prestasi yang diraih. Menurutnya penghargaan dari pemerintah pusat ini merupakan bentuk pengakuan atas kinerja pemerintah daerah, dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat. Dimana, Kabupaten Boltim sebagai daerah yang memiliki prakarsa dan komitmen dalam pencapaian kesetaraan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) dengan meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

“Tentu ini merupakan suatu kebanggaan dan kesyukuran bagi kita karena bisa meraih penghargaan APE. Capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama semua stakeholder, utamanya OPD untuk terlibat pada pelaksanaan PUG di Kabupatan Boltim” kata Bupati.

Lanjutnya, penghargaan ini secara langsung mengartikan bahwa pemerintah pusat mengakui kinerja daerah terutama soal gender.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas raihan penghargaan ini,” ujarnya. (Adve)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.