Dinas Pertanian Usulkan Pengadaan Bibit Jagung ke Kementan RI

0 30

BERANDAKOTA – Sala satu program Dinas Pertanian Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2022, yaitu mengusulkan pengadaan bibit jagung ke Kementrian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.

Usulan tersebut diajukan Dinas Pertanian ke Kementerian Pertanian, belum lama  ini.

Menurut Kepala Dinas Pertanian, Mat Sunardi, bibit jagung yang diusulkan tersebut, akan di tanam di lahan para petani yang tersebar di Kabupaten Boltim.

Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Pertanian, tersedia lahan untuk penanaman jagung sebesar 750 hektar dari para petani.

“Lahannya dari petani, ini dilakukan bertahap nanti setelah ada surat permintaan kita usulkan lagi,” kata Sunardi, Selasa (8/3) kemarin.

Mat menjelaskan, bibit jagung yang diusulkan itu adalah varietas hibrida atau benih jagung yang berkualitas.

“Yang masuk kategori Bisi dan NK 212. Ini sudah kita usulkan dari bulan yang lalu,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, pengusulan pengadaan bibit jagung ke Kementan RI, juga merupakan bagian dari program mewujudkan ketahanan pangan.

“Selain menyediakan ketersediaan produksi jagung, juga bagian mewujudkan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Dirinya mengimbau, nantinya bantuan bibit jagung tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para petani, jika nantinya sudah terealisasi dan disalurkan.

“Sekarang ini sangat sulit mendapatkan bibit, jadi jangan dijual tapi ditanam sebagaimana yang telah menjadi harapan pemerintah,” pungasnya.***

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.