Inspektorat Boltim Mulai Lakukan Audit Keungan Desa

0 212

BERANDAKOTA – Pemeriksaan keungan desa anggaran tahun 2021, mulai dilakukan Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diseluruh Desa yang berada di Boltim.

Kepala Inspektorat Boltim Hardiman Pasambuna saat di konfirmasi Kamis (10/3) mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan pemeriksaan di seluruh desa yang ada di tujuh Kecamatan Boltim.

Diketahui, pemeriksaan Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), dan Dana Bagi Hasil (DBH) dilakukan karena inspektorat selaku APIP Daerah.

Pemeriksaan DD dan ADD tahun anggaran 2021, dilakukan tim inspektorat sesuai surat penugasan Bupati dari 7 Maret sampai dengan 28 Maret 2022.

“Ini juga perlu disampaikan bahwa pemeriksaan DD dan ADD menggunakan aplikasi SISKEUDES sesuai edaran Kemendagri, sehingga seluruh dokumen pengelolaan DD dan ADD terintegrasi ke sistem aplikasi untuk mempermudah tim auditor melakukan pemeriksaan DD dan ADD di setiap Desa,” ujarnya.

Hardiman juga menambahkan, saat ini tim dari Inspektorat daerah sudah mulai turun di 81 desa, untuk melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan desa, APBDes tahun 2021.

“Selain fokus pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan tim juga memfokuskan untuk pemeriksaan Anggaran BUMDes, Aset-aset desa, serta Dana Bagi Hasil pajak, Tim juga dalam melaksanakan pemeriksaan ini, memfokuskan untuk pemeriksaan Terkait Anggaran BUMDes, Dana Bagi Hasil pajak, serta terkait Aset-aset desa,” ujarnya.(*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.