Manado Kembali Dilanda Banjir

0 685

BERANDAKOTA- Kota Manado, Sulawesi Utara, kembali dilanda banjir Jumat (22/1) sore ini. Ketinggian air di beberapa wilayah hampir mencapai dua meter. Seperti di Kelurahan Taas Lingkungan I, Kecamatan Tikala, di mana air sudah mencapai atap rumah warga.

Padahal, pada banjir yang terjadi Sabtu (16/1) pekan lalu, kondisi air di daerah tersebut hanya mencapai dada orang dewasa. Yang semakin mengkhawatirkan, terjadi arus yang cukup deras di wilayah tersebut.

Baca juga: Program Listyo Jadi Kapolri: PAM Swakarsa Hingga Wajibkan Belajar Kitab Kuning

“Ini sudah hampir sama dengan banjir di tahun 2014 lalu. Air juga cepat sekali naik, padahal hujan hanya berkisar dua jam saja,” kata Maykel Rumambi, salah satu warga di Taas.

Sementara, di Kelurahan Karombasan Selatan, Kecamatan Wanea, sejumlah warga harus diselamatkan menggunakan tali tambang karena terjebak banjir dengan arus air yang sangat deras. Dari informasi dirangkum, warga bergotong royong untuk menolong beberapa orang yang terjebak di dalam rumah.

“Puji Tuhan, terima kasih untuk banyak pihak yang telah berkorban dan menolong seluruh keluarga saya yang terjebak dengan arus deras setinggi dada orang dewasa. Saat ini keluarga sudah dalam kondisi selamat,” kata Grace, warga Karombasan Selatan yang sempat meminta pertolongan di akun media sosialnya.

Hal yang sama terjadi di Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea. Tinggi air di daerah tersebut telah melewati satu meter. Warga banyak yang meminta pertolongan, karena terjebak di dalam rumah dan tidak bisa ke luar karena terhalang tingginya air.

Baca juga: Pembenahan Gelora Ambang Diawali DED

Sampai saat ini, Belum ada data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado terkait dengan banjir yang kembali terjadi, Jumat (22/1) hari ini. Namun, dari rangkuman informasi yang diperoleha manadobacirita, hujan deras yang mengguyur Kota Manado sejak pukul 14.30 WIta ini, telah menyebabkan banjir di Kelurahan Mahawu, Kelurahan Taas, Kelurahan Dendengan Dalam, Kelurahan Pakowa, Kelurahan Batu Kota, Kelurahan Winangun, Kelurahan Tingkulu dan beberapa daerah lainnya. (*red)

Sumber: Kumparan.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.